WELCOME IN MY ADVENTURE

Judul

Sabtu, 18 Mei 2013

Paradigma Baru - Pendidikan Hukum Untuk Membangun Masyarakat Madani

      Menjadi manusia merdeka dengan cara Menggagas Paradigma Baru Pendidikan Hukum untuk Membangun Masyarakat Madani sangatlah memberikan suatu kontribusi pemikiran yang sangat besar bagi   bangsa Indonesia saat ini khususnya bagi generasi muda atau mahasiswa, penegak hukum, serta seluruh masyarakat Indonesia. Mengingat Negara Indonesia yang mempunyai kemajukan dan keanekaragaman atau pluralisme maka sudah sepantasnya mengalami suatu perubahan yang diupayakan, didamba untuk mewujudakan suatu tatanan masyarakat madani.Hal ini senada juga sudah sepatutnya dilakukan suatu perubahan dalam penegakan hukum dengan menjadikan serta menitikberatkan pendidikan hukum menjadi suatu ujung tombak dalam rangka penegakan hukum yang bersih dan adil.
      Pemahaman lebih jauh dan lebih mendalam mengenai masyarakat madani harus kita matangkan dalam berpikir maupun dalam praktek kehidupan bermasyarakat sehari-hari, karena masyarakat madani merupakan masyarakat yang berperadaban, masyarakat yang berbudaya, dan menghormati hak-hak orang lain, bukan dalam rangka memperjuangkan hak-hak pribadi serta kekausaan masyarakat madani terletak pada rakyat bukan pada penguasa.Negara Indonesia merupakan Negara yang besar, Negara yang merdeka, Negara yang demokrasi dan Negara yang berkedaulatan yang mempunyai keanekaragaman dan kemajemukan yang merupakan suatu rahmat. Hal yang terkait, betapa pentingnya membangun, mewujudkan masyarakat madani yang memperhatikan kepentingan dan partisipasi masyarakat umum, keterbukaan dan kesadaran informasi, menghormati hak-hak orang lain.
       Mengingat banyaknya maraknya kasus-kasus yang terjadi belakangan tahun terakhir, wajah penegakan hukum di Negara Indonesia yang sangat kita cinta ini sangatlah mencoreng wajah penegakan hukum kita di mata Internasional maupun di mata public atau masyarakat di dalam negeri. Banyaknya asumsi-asumsi masyarakat di media massa yang mengeluh dan kehilangan harapan ataupun rasa kepercayaan penegak hukum dalam penegakan untuk mencapai suatu keadilan dalam penegakan hukum di Negara Indonesia, Berbicara pendidikan hukum maka berbicara mengenai landasan filosofis dalam pendidikan hukum itu sendiri. Pada konteks ilmiah Paradigma itu merupakan sesuatu yang penting walaupun hal  tersebut sesuatu yang diperdebatkan dan direnungkan. Paradigma merupakan sesuatu yang dipadankan dengan persepektif sebagaimana yang dilakukan oleh sarantakos, begitu pula disampaikan oleh Lincoln dan Denzin yang memaknakan paradigmaitu merupakan suatu system yang filosofis.
       Paradigma merupakan sesuatu yang esensial atau sesuatu hal yang terpenting khususnya bagi mahasiswa maupun penegak hukum dalam memandang serta memahami hukum dalamberbagai persepektif.  Ini merupakan suatu titik terang bagi saya selaku pembaca khususnya dan kita mahasiswa hukum dalam mendalami hukum serta memahami hukum secara mendalam melalui ontology, epistimologi, dan meteodologi. mengenai menggagas paradigma baru hukum pendidikan hukum membuka mata kita khususnya cakrawala kita berpikir tentang pendidikan hukum dengan mengenali beberapa sifat dan ciri pendidikan hukum bahkan membawa nilai rasonalitas, nalar, objektivitas, dan abstraksi akan selalu diutamakan dan dijunjung tinggi dalam system pendidikan hukum. Pendidikan hukum sangatlah mempunyai kontribusi yang sangat penting bagi hukum yang mana melalui paradigma yang menjamin kemerdekaan sekaligus kepada konteks penggunanya, karena suatu bentuk kemerdekaan harus diperjuangkan sendiri oleh penggunanya. Oleh karena itu dengan paradigma yang disampaikan maka menurut pembaca,  sangatlah bernafas  humanis yang dapat menghargai karya dan karsa manusia dalam membangun dan menciptkan kenyataan di sekelilingnya, dan khususnya bagi generasi muda dengan menganut paradigma dapat menjadikan manusi yang merdeka dan menjadi generasi hukum yang baik bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong kehidupan yang berkeadilan serta hidup yang sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
KeluarJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!